Olesan Tabir Surya Cegah Kanker Kulit

Pemakaian tabir surya penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Berbagai jenis tabir surya yang beredar di pasaran diklaim memberi perlindungan maksimal terhadap sengatan sinar matahari. Sebenarnya berapakah kandungan SPF yang ideal agar kulit terhindar dari bahaya sinar ultraviolet penyebab kanker?

Dermatolog New York, Dr Anne Chapas, mengungkap berbagai variasi dan kandungan tabir surya yang beredar di pasaran. Ia menganjurkan agar tak terpengaruh mitos mengenai tabir surya yang tak sepenuhnya terbukti secara ilmiah.

"Mitos bahwa tabir surya dengan SPF tinggi mampu melindungi dua kali lipat terbukti tidak benar. Sebenarnya, SPF 50 dan 100 hampir sama melindungi kulit dari sinar ultraviolet," ujar Dr Chapas.

Perhatian utama saat memakai tabir surya, menurut Chapas, adalah mengaplikasikan ulang tabir surya. "Kelalaian tidak mengaplikasikan tabir surya dua kali membuat risiko kulit terbakar makin besar yang memicu terjadinya kanker kulit," ucapnya.

Menurut Chapas, tabir surya ideal mengandung minimal SPF 30. Bagi pemilik kulit putih, cukup gunakan tabir surya dengan SPF 50.
Dermatolog Palm Beach, Dr Kenneth Beer, mengatakan, tabir surya dengan SPF di atas 60 tidak terlalu banyak berbeda dengan tabir surya dengan SPF 50, namun berharga lebih mahal. Ia menganjurkan agar memakai tabir surya dua kali untuk memberi perlindungan maksimal.
Posted on 22.11 by RLJ(Nyunz) and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar