7 Ide Aktivitas Baru. Why not?


How to Speak Dragonese
mungkin bisa membuat siapapun yang membaca terinspirasi untuk melakukan berbagai hal untuk bisa membuat hidup lebih dinamis, ceria, rileks dan inspiratif
Bekerja adalah sebuah kenikmatan, namun ada saatnya jika kita menghadapi tekanan-tekanan dalam pekerjaan, kita bisa sampai pada tahap dimana kita sudah tidak menikmatinya. Terkadang saya seperti itu, dan ada saatnya saya sering merasa seperti itu. Saya senang dengan jadwal show, jadwal wawancara, pemotretan dan jadwal shooting untuk interview/talkshow yang padat. Tapi tentunya ada hal-hal yang dalam prosesnya membuat saya stress dan lelah. Begitupun bagi siapapun yang bekerja atau melakukan berbagai tugas keseharian.

Pada saat seperti itu, saya tahu benar bahwa saya harus bisa rileks agar saya bisa menyegarkan tubuh, pikiran dan perasaan saya. Belakangan ini, saya melakukan berbagai hal baru yang tidak biasa saya lakukan, atau hal-hal yang sudah lama saya tidak lakukan, agar saya kembali terinspirasi, kembali segar, rileks dan bisa tertawa dan tersenyum kembali.

Hal-hal dibawah ini adalah hal yang saya lakukan, yang mungkin bisa membuat siapapun yang membaca terinspirasi untuk melakukan berbagai hal untuk bisa membuat hidup lebih dinamis, ceria, rileks dan inspiratif.

1. Ayo baca buku yang 'tidak biasa'!
Membaca buku yang berbeda dengan buku yang biasa saya baca. Saya biasa membaca buku kesehatan dan buku spiritual, terkadang saja (jarang sekali) saya membaca novel. Namun sekarang saya juga membeli buku-buku remaja atau bahkan anak-anak. Hanya supaya saya merasakan lagi khayalan-khayalan masa kecil. Buku yang saya baca "How To Speak Dragonese" oleh Cressida Cowell. Bukunya lucu, khayalan dan bahasanya konyol, penuh dengan gambar-gambar coretan yang naif, membuat saya tersenyum-senyum sendiri kalau membaca. Saya membeli buku ini setelah menonton film animasi "How To Train Your Dragon" yang di produksi oleh DreamWork Animation. Saya suka dengan karakter naga yang bernama Toothless di film tersebut:)
Atau mau belajar membatik? Kenapa tidak! Sekarang ini banyak kegiatan-kegiatan seni yang bisa kita ikuti.
Hip Hop Dance


Mungkin kamu juga mau membaca buku yang tidak umum kamu baca:) Rasanya menyenangkan mendapat dunia baru:) Biasanya berbagai ide dan semangat barupun muncul.

2. Ayo menari!
Saya juga lalu mencoba ikut masuk kelas belly dancing, alias tari perut. Hanya untuk merasakan senangnya mencoba gerakan baru, ritme dan musik baru, seperti anak kecil yang baru mengenal sesuatu. Dan ternyata susah sekali! Lupakan bahwa seisi kelas bisa tersenyum dan tertawa serta bergerak dengan indahnya. Ternyata seisi kelas bahkan saat introduction class, tersenyum saja tidak bisa karena begitu susahnya menggerakan tubuh sesuai petunjuk instructure kita. Dan lucunya saat saya masuk kelas pertama saya tersebut, mayoritas adalah warga negara Jepang..ha..ha. Selain itu bahkan saya juga mendapat teman warga negara lainnya. Tidak saja belajar menari tapi saya bisa mendapat teman baru dan wawasan baru. Pengalaman seperti ini membuat hidup saya lebih ceria:)

Minggu selanjutnya saya berencana mengikuti kelas hip hop dance dan minggu selanjutnya lagi, saya akan mengikuti kelas jazz ballet. So much fun!

3. Mencoba olah raga lain? Siapa takut!
Tahun lalu saya menantang diri saya untuk lari 5K dan saya berhasil (baca posting pertama saya dalam blog yang membahas tentang mengapa saya berlari). Tahun ini saya sering sekali ikut lomba lari 5K. Dan tahun ini, saya sudah bisa lari 10K. Target saya, tahun ini saya ingin ikut lomba lari 10K.He he. Saya tidak berlomba dengan orang lain, dan sayapun bukan pelari yang cepat. Tetapi yang terpenting buat saya adalah berlomba dengan diri saya sendiri. Saya senang menantang diri saya, dan membuktikan ke diri saya, bahwa saya mampu. Apalagi saya bukan atlit. Teman-teman saya para proffesional yang bekerja dikantor setiap hari, mereka bisa ikut marathon yaitu 42K. Gila kan? Jadi 10K buat saya bukan hal mustahil. Sejauh ini saya sudah bisa, dan tinggal mengikuti lomba saja:) Siapa  tahu saya akan ikut triathlon bersama teman-teman saya. Mereka sudah ada yang memulai dan itu membuat saya terpacu:)

Apa lagi yang ingin saya lakukan? Saya ingin mencoba Taichi dan Pilates. Itu belum kesampaian. Ternyata tetangga saya adalah trainer Pilates. Great! Saya akan follow up:) Bagaimana dengan kamu? Mencoba jenis olahraga yang belum pernah dilakukan atau diperdalam sebelumnya membuat kita merasa hidup. Membuat kita sadar bahwa tubuh kita ini bisa di gerakan dengan berbagai cara, bahwa manusia memang diciptakan untuk bisa bergerak. Kadang kita tidak sadar bahwa tubuh kita diciptakan luar biasa canggih.

Saya juga ingin lebih sering bisa mengikuti hot bikram yoga. Yoga di ruangan bersuhu panas 42 derajat Celcius. It feels fantastic, saya baru beberapa kali mencobanya. Bagaimana dengan kamu? Olah raga apa yang ingin kamu coba?

4.Dandanan baru, menyenangkan juga loh
Buat saya mencoba gaya dandanan baru selalu menyenangkan. Tidak saja pakaian olahraga, tapi juga baju yang dikenakan untuk bepergian. Saya sekarang sedang senang mengenakan kalung bergaya hippies atau etnik, kemeja kotak-kotak body fit yang berkesan belel dan celana panjang yang mengecil dibagian bawah yang bisa saya padukan dengan sepatu flat/sendal atau wedges shoes, dengan belt kecil kulit berwarna coklat serta tas dari kulit berwarna coklat. Saya juga senang mengenakan rompi yang berkesan 'country girl'. Saya sekarang suka mencoba memadukan gaya wanita yang aksi, independent, adventurous namun tetap rileks dan casual serta nyaman, namun tetap terlihat stylish. Warna-warna baru yang sedang saya coba adalah warna natural dari putih, krem, hijau, coklat, warna yang kerap kita lihat di film-film seperti Indian Jones atau film-film serta program tv yang adventurous.

Mencoba berpakaian dengan gaya yang tidak biasanya kita pakai membuat kita merasa 'baru'. Coba deh, pasti menyenangkan.

5. Jelajah kegiatan spiritual, why not?
Waktu beberapa bulan yang lalu saya sempat melakukan noble silence di  Ubud, Bali selama beberapa hari. Dimana kegiatan tersebut bertujuan menemukan diri sejati kita. Dalam kegiatan tersebut, penuh dengan kegiatan meditasi dan berbagai teknik penjernihan diri serta kontemplasi. Dan tentunya tidak berbicara dengan siapapun (kecuali kepada fasilitator/penyelenggara) selama 5 hari. Pulang dari kegiatan tersebut saya mendapatkan kejernihan berpikir, kejernihan dalam menjalani kehidupan. Kehidupan yang penuh dengan kesadaran terhadap berbagai hal.

Nah, untuk pencerahan saya selanjutnya, saya ingin sekali mengikuti kegiatan retreat dari tokoh spiritual dunia, Thich Nhat Hanh, mengenai Mindful Living. Hidup penuh kesadaran. Tentunya sebuah kesempatan luar biasa jika saya bisa mengikuti retreatnya.

Berpikiran terbuka untuk menjelajahi kedalaman spiritual kita membuat kita memiliki rasa cinta kasih dengan hidup penuh kesadaran. Saya juga pernah mengikuti workshop yang diadakan Jason Lee Mitchell (murid Eckhart Tolle pengarang The New Earth) mengenai "Sharing Life Presence", alias mengenai berbagi kehidupan dalam kehadiran kita terhadap sesama manusia. Pendalaman spiritual tidak terbatas kepada agama tertentu dan bisa dipelajari oleh siapapun dengan latar berbagai agama dan budaya. Hal tersebut membuat batin kita kaya.

Sudah terpikir pengalaman spiritual apa yang ingin kamu jalani?

6. Musik yang berbeda? Why not!
Untuk memperkaya 'kuping' saya dan menyegarkan hari-hari, tidak ada salahnya kita mendengarkan musik yang tidak biasa kita dengar. Terkadang saya suka explore berbagai musik mulai dari jazz, pop, hip hop, new age, celtic, ethnic, rock, alternative hingga ke musik classic. Musik membawa suasana baru ke ruangan tempat kita berada. Waktu itu saya membeli Susan Boyle yang membuat gempar dunia saat mengikuti Britain Got Talent. Albumnya yang berjudul " I Dreamed A Dream" selalu membuat saya terhanyut dan memikirkan kembali apa saja yang sudah saya lakukan dengan hidup saya. Beberapa bulan yang lalu juga saya membeli album kompilasi Sandhy Sondoro, vocalist favorit saya. Musiknya yang bernuansa jazzy sangat menyegarkan hati saya. Begitupun suaranya yang sangat ekspresif. Saya senang eksplorasi dan merasakan berbagai rasa. Waktu lalu saya membeli album Andrew Lloyd Weber yang berjudul "Love Never Dies". Komposisi musiknya yang lebar dan dalam membuat saya kaya akan musikalitas serta membuat saya ingin meningkatkan karya saya dalam bermusik.

Nah, for a start,untuk yang belum ada ide untuk mendengar musik apa dan untuk kamu yang juga belum mendengar single terbaru saya yang berjudul "Sukaria!", kamu bisa mendengarnya di Facebook saya, klik saja link berikut http://www.facebook.com/pages/Sukaria/122297321113836?ref=search
Musik yang baru membuat kita tambah semangat menjalani hari-hari!


7. Mencoba berbagai kegiatan seni, ide yang menyenangkan!
Saya sendiri sedang akan mengikuti kegiatan choir yang hanya untuk hobby di sebuah tempat kursus musik Music Republicain yang didirikan oleh teman saya Ivonne Atmojo. Disana saya tidak hanya melepas stress dengan bernyanyi namun bisa mendapat teman baru. Tidak hanya itu saja, tapi saya juga bisa melatih bahasa Inggris saya karena choir yang saya ikuti banyak di ikuti oleh kalangan ekspatriat.

Sebetulnya kita bisa saja mencoba berbagai kegiatan musikal, apakah itu belajar piano, gitar..atau mencoba belajar gamelan atau rebab? Kenapa tidak? Waktu saya honey moon di Bali tahun 2008 saya sempat belajar rebab di sebuah rumah penduduk Bali. Menyenangkan dan susah! Saya juga mencoba belajar gamelan Bali bersama suami saya. Kita tertawa-tawa mencoba alat terebut karena gak kompak-kompak. Kita belajar di sebuah bale-bale di rumah penduduk Bali. Menyenangkan dan sangat adventurous.
Atau mau belajar membatik? Kenapa tidak! Sekarang ini banyak kegiatan-kegiatan seni yang bisa kita ikuti.
Bisa juga kita menonton konser musik, atau operet. Sekarang ini kegiatan seni semakin berkembang. Kenapa kita tidak mencoba menggali sisi seni kita?

Wah, sebetulnya masih banyak lagi ide yang ingin saya bagi. Misalnya mengikuti kegiatan outbound di Outboundholic Ancol Adventure Park. Beberapa teman saya dan keluarganya sudah kesana. Pasti seru sekali bisa bermain flying fox dan lain-lain. Kalau saya lanjutkan tulisan ini tidak akan ada habisnya. Tapi intinya, terbuka terhadap berbagai hal baru membuat hidup kita ceria dan lebih berwarna.
Mungkin teman-teman juga bisa berbagi disini tentang berbagi ide untuk berbagai aktifitas baru yang membuat hidup kita lebih semangat:)
Ditunggu idenya, dan selamat mencoba hal baru!
Posted on 02.28 by RLJ(Nyunz) and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar