Nao, "Teman" Baru Manusia

 

Hertfordshire: Manusia akan bisa membangun emosi dan membentuk ikatan bersama robot ke depan. Karena para ilmuwan di Universitas Hertfordshire, Inggris, belum lama ini, menciptakan sebuah robot yang dinamai Nao. Robot ini didesain lengkap dengan mimik untuk menampilkan emosi seperti seorang anak berusia satu tahun.

Mesin itu juga bisa mendeteksi emosi manusia dengan mempelajari bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan bisa membaca suasana hati dengan lebih trampil. Itu bisa terjadi setelah seiring waktu berkembang untuk "mengenal" seseorang. Nao juga bisa mengingat interaksinya dengan orang yang berbeda dan mengingat wajah mereka.

Nao awalnya diciptakan melalui pemodelan menggunakan proses yang dijalani anak manusia dan simpanse ketika masih bayi. Program itu merupakan bagian dari proyek Eropa yang disebut FEELIX Growing dan dipimpin Dr. Lola Canamero, pakar komputer dari Universitas Hertfordshire. "Prilaku ini merupakan model dari apa yang dilakukan anak-anak," kata Canamero seperti dilansir ANTARA.

Program lain yang membuat Nao semakin mirip manusia adalah kemampuannya menunjukkan kemarahan, ketakutan, kesedihan, kebahagiaan, kegembiraan, dan bangga. Apa lagi jika manusia tidak bisa membuatnya nyaman atau ketika berhadapan dengan situasi penuh tekanan, ia akan kecewa. "Otaknya" memberikan kemampuan untuk mengingat pengalaman baik dan buruk dari masa lalu.

Proyek melibatkan delapan universitas dan perusahaan pembuat robot di seluruh negara Uni Eropa.
Posted on 03.21 by RLJ(Nyunz) and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar