Rahasia Miliki Rambut Sehat

Empat langkah berikut ini bisa membantu Anda mendapatkan rambut sehat berkilau.

Rambut sehat dan subur bisa membuat pemiliknya terlihat awet muda. Maka itu, tak mengherankan jika banyak wanita menghabiskan begitu banyak waktu untuk mempercantik rambut mereka.

Tapi, yang perlu Anda tahu, tidak peduli apa gaya atau warna rambut Anda, jika rambut Anda tidak sehat maka penampilan pun akan terlihat tidak maksimal. Empat langkah berikut ini, seperti dikutip dari laman modernmon.com, mungkin bisa membantu Anda mendapatkan rambut sehat berkilau:

Langkah 1:
Diet tepat
Wanita dapat melakukan hal terbaik untuk menjaga agar rambutnya sehat dalam waktu lama. Berdasarkan informasi yang dirilis Centers for Disease Control menyatakan, diet untuk mengontrol tekanan darah dan kolesterol tinggi juga dilaporkan berkhasiat menjaga rambut tetap sehat. Untuk menjalani pola diet ini Anda perlu perbanyak konsumsi buah, sayuran dan mengurangi asupan lemak.

Ketika mencari makanan sehat untuk rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin dan mineral. Besi, seng, biotin atau lemak omega-3 asam adalah salah satu dari nutrisi yang paling bermanfaat untuk rambut. Jika kekurangan gizi ini, rambut bisa tampak lepek, kusam dan rapuh.

Selain itu, vitamin A, B dan E dapat membuat rambut lebih bersinar dan lebih kuat. Makan banyak wortel, kacang, ikan, sayuran hijau, biji-bijian, telur dan buah harus menyediakan cukup mineral dan vitamin untuk membuat rambut berkilau.

Langkah 2:
Rutin memangkas Rambut
Rambut bisa terlihat sehat ketika ujungnya terlihat tak berbelah atau bercabang. Agar rambut tetap sehat, saat menata rambut pun tidak boleh semabarangan. Wanita dengan rambut pendek perlu memangkas rambut setiap enam minggu agar terhindar dari rambut bercabang.

Jika ingin mengganti gaya rambut, atau ingin terlihat rambut tumbuh subur sebaiknya memangkas rambut setiap dua sampai tiga bulan. Karena, rambut tumbuh pada tingkat 1,5 cm per bulan. Cara ini bisa membuat rambut tumbuh lebih baik.

Langkah 3:
Batasi Kosmetik Rambut
Banyak produk rambut yang bisa menyebabkan rambut kering dan kusam. Biasanya rambut jadi terlihat keriting kering, atau susah diatur. Nomor satu penyebab kerusakan rambut seperti ini akibat terlalu banyaknya paparan alkohol yang terdapat pada kosmetik rambut. Alkohol dalam produk rambut bisa merusak pertumbuhannya secara alami.

Maka itu, Ketika membeli suatu produk rambut yang digunakan secara teratur, seperti sampo dan kondisioner, cari produk-produk yang dapat meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Sebagian besar produk-produk ini membatasi jumlah dan jenis alkohol.

Anda juga perlu membaca label produk untuk mengetahui kadar alkohol yang terkandung di dalam produk tersebut. Pasalnya, jika terlalu banyak alkohol pada rambut, membuat produksi minyak alami pada rambut berkurang dan bisa membuat rambut kering.

Langkah 4:
Hindari panas
Panas tak hanya dari sinar matahari, tapi juga bisa dari alat pengering rambut, alat pelurus dan  pengeriting rambut. Alat-alat ini mengeluarkan panas ini bisa membuat rambut Anda mudah rusak. Untuk mencegah kerusakan rambut akibat penggunaan alat ini, sebagai alternatif pengering dan pengeriting rambut, Anda bisa menggunakan kipas angin sebagai ganti pengering rambut. Atau, bisa menggunakan teknik kepang untuk mendapatkan rambut bergelombang.
Posted on 22.07 by RLJ(Nyunz) and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar